.
Hasil Perhitungan Suara KPU Kabupaten Blora pada Pemilu Kada 2010 ....No urut 1 Yudhi-Hestu: 197.277 suara ..... No urut 2 Warsit-Lusiana: 39.445 suara ..... No urut 3. Joko Nugroho-Abu Nafi: 243.715 suara...

Sabtu, 08 Mei 2010

Kartu suara Terbuka



Surat Suara Pilkada Blora Diberikan dalam Keadaan Terbuka

Blora, CyberNews. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan memberikan surat suara dalam keadaan terbuka kepada pemilih. Hal itu demi meminimalisir suara tidak sah akibat coblosan yang tembus di sisi lain surat suara.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora, Arifin Halimi, mengemukakan, pihaknya mengintruksikan kepada KPPS yang
bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyampaikan surat suara kepada pemilih dalam keadaan terbuka.

Menurutnya, surat suara yang digunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Blora berukuran panjang 27 cm dan lebar 23 cm. Lipatan surat suara terdiri dari dua bagian, yakni lipatan memanjang yang kemudian dilipat kembali menjadi tiga sisi.

Anggota KPU yang membidangi logistik pilkada tersebut mengungkapkan, jika sisi lipatan surat suara tersebut tidak dibuka seluruhnya oleh pemilih saat akan melakukan pencoblosan, dikhawatirkan coblosannya akan tembus ke sisi lipatan yang lain. Hal itu menyebabkan suara tidak sah.

"Karena itu saat surat suara diberikan kepada pemilih, kondisinya dalam keadaan terbuka setelah sebelumnya pada posisi dilipat," ujarnyam, Rabu (5/5).

Dia menyebutkan, KPU telah membuat contoh surat suara dan telah disebarkan ke semua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Menurut Arifin, contoh tersebut berdasarkan pada surat suara yang akan digunakan dalam pilkada, 3 Juni mendatang.

"Bentuk maupun ukurannya sama seperti ini," tandasnya sembari menunjukan contoh surat suara dan teknik pelipatannya.

Arifin mengungkapkan surat suara pilkada tidak lama lagi akan dicetak, menyusul telah ditetapkannya rekanan yang memenangkan lelang pengadaan surat suara.

Berdasarkan pengumuman Panitia Pengadaan Barang dan Jasa KPU Blora nomor 027/14/SS/KPU-BLA/V/2010 tertanggal 3 Mei, pemenang lelang pengadaan surat suara Pilkada Blora adalah PT Surya Adi Grafitama Semarang (pemenang pertama) dan CV Jaya Sakti Mandiri Semarang (pemenang kedua).

Jumlah surat suara yang dicetak adalah sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT), yakni 688.244 lembar ditambah 2,5 % cadangan.

( Abdul Muis /CN16 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar