.
Hasil Perhitungan Suara KPU Kabupaten Blora pada Pemilu Kada 2010 ....No urut 1 Yudhi-Hestu: 197.277 suara ..... No urut 2 Warsit-Lusiana: 39.445 suara ..... No urut 3. Joko Nugroho-Abu Nafi: 243.715 suara...

Selasa, 19 Mei 2009

NASIONAL



[ Selasa, 19 Mei 2009 ] 
KPU Hari Ini Umumkan Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres 
Tiga pasangan capres-cawapres telah menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Namun, hasil tes tersebut baru diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini. Menurut anggota KPU Syamsulbahri, pihaknya masih menunggu laporan tim dokter yang berjumlah 43 orang. 

Setelah itu, KPU menggelar rapat pleno untuk menetapkan kelulusan tes kesehatan para capres/cawapres. ''Hasilnya kami umumkan besok (hari ini, Red),'' kata Syamsul saat mendampingi pasangan SBY-Boediono di RSPAD Gatot Soebroto kemarin.

Kemarin memang giliran SBY dan Boediono yang menjalani tes kesehatan. Keduanya memulai tes pukul 07.30 dan baru berakhir pukul 14.30. ''Mudah-mudahan lulus,'' ujar SBY setelah menjalani tes.

SBY mengakui, tes kesehatan kali ini cukup berat. Pemeriksaan yang dilakukan tim dokter sangat teliti dan mendalam, terutama dalam pemeriksaan jiwa. ''Kami yakin tim dokter sangat kredibel dan profesional," ujar SBY. 

Menurut SBY, tes kesehatan sangat diperlukan. ''Mengapa seorang pemimpin, apalagi pada tingkat puncak, yang mesti mengambil keputusan, menetapkan kebijakan, mencari solusi, bertindak cepat dan tepat, termasuk dalam keadaan darurat, harus sehat badannya dan juga sehat jiwanya,'' kata SBY.

Sementara itu, Ketua IDI Fahmi Idris menyatakan, pihaknya menjamin kerahasiaan hasil tes kesehatan para capres/cawapres. Hasil tersebut hanya diserahkan ke KPU sebagai lembaga yang berwenang menetapkan kelulusan kesehatan capres/cawapres. ''Sesuai UU praktik kedokteran, hasil pemeriksaan itu rahasia medik. Itu hak yang punya badan,'' jelasnya.

Fahmi juga menjamin tim dokter bekerja sangat serius. Buktinya, dikerahkan 43 dokter, yang terdiri atas 29 dokter IDI dan 14 dokter RSPAD. ''Ada 13 spesialisasi yang terlibat, masing-masing spesialisasi 3 orang. Ditambah ketua tim, wakil ketua tim, dan sekretaris,'' jelasnya. 

Ada 10 kriteria yang diperiksa. Yakni, kesehatan jiwa serta kesehatan fisik yang terdiri atas sembilan item. Mulai sistem saraf, mata, THT, paru-paru, jantung dan pembuluh darah, saluran pencernaan, hati, urologi, dan alat gerak, dan ada tidaknya kanker ganas. (tom/iro)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar